Jangan Diabaikan, Ini Tanda Infeksi Saluran Kemih Pada Anak Sesuai Usianya

Jangan Diabaikan, Ini Tanda Infeksi Saluran Kemih Pada Anak Sesuai Usianya

written by : MAKUKU - 22 Mar 2022

Viewed : 23 times  Read duration : Page Views : 348 times

Infeksi saluran kemih atau ISK bisa terjadi pada siapapun, baik pada bayi hingga orang dewasa.  ISK pada bayi ini tidak menyebabkan kematian, namun jika terlambat ditangani tidak jarang ISK ini menimbulkan beberapa komplikasi  dan memengaruhi kualitas hidup si kecil. Untuk itu, para orang tua tidak boleh mengabaikan apa saja tanda ISK pada bayi.

Menurut dokter spesialis anak Eka Hospital Pekanbaru, dr. Buntat Huang, Sp. A menjelaskan bahwa ISK adalah kondisi dimana tumbuh dan berkembangnya bakteri atau kuman di saluran kemih. Sementara mengenai penyebab dan gejalanya, dr. Buntat mengatakan bahwa tergantung pada usia anak.

Tanda ISK pada bayi usia dibawah satu bulan adalah munculnya demam, muntah, diare, menolak menyusu, buang air kecil sedikit, dan rewel. Pada anak yang berusia 1-12 bulan tanda ISK yang bisa dikenali tidak jauh berbeda, namun cenderung berat badannya sulit naik atau menurun hingga gagal tumbuh

“Sedangkan pada anak yang lebih besar seperti usia 1-4 tahun ciri ISK meliputi demam yang mengakibatkan kejang, muntah, diare, bahkan bisa ditemukan tanpa gejala,” jelas dr. Buntat.

ISK tanpa gejala ini biasanya yang seringkali jarang disadari oleh para orang tua. ISK tanpa gejala ini ditandai dengan penurunan berat badan anak, berkurangnya nafsu makan, dan lebih gampang sakit. dr. Buntat menyarankan jika ditemukan tanda-tanda ISK seperti yang telah disebutkan, maka sebaiknya segera memeriksakan kondisi si kecil. Pemeriksaan lanjutan ini meliputi pemeriksaan urine dengan metode kultur urine.

“Melalui kultur urine kita biakan kumannya, sekaligus kita mencari antibiotik yang sensitif terhadap kuman yang tumbuh,” tambah dr. Buntat.

MAKUKU Air Diapers Slim Memulai Era SAP

Untuk menjaga kesehahatan area sensitif si kecil, perlu memakai popok yang tepat. Salah satunya adalah popok yang tidak menggumpal. Popok MAKUKU Air Diapers Slim merupakan popok satu-satunya di Indonesia yang menggunakan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer. MAKUKU Air Diapers Slim memiliki keunggulan anti gumpal, anti bocor, mengunci cairan membuat permukaan menjadi lebih kering dan super tipis 1.6 mm.

MAKUKU Air Diapers Slim juga memiliki permukaan popok berstruktur 3D, adanya indikator urine, memiliki sirkulasi udara dua arah serta memiliki daya serap yang tinggi. Sedangkan popok lainnya masih menggunakan SAP dengan pulp kayu. MAKUKU Air Diapers Slim membawa perubahan pada dunia perpopokan di Indonesia. Yuk, memulai era SAP bersama MAKUKU. (Aq/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERS

POPOKSAP

POPOKMAKUKU

STRUKTURINTISAP

ERASAP

ISK

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

SAP

infeksislaurankemih

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment