Bagian Tubuh Bayi yang Boleh Dipijat dan Cara Melakukannya

Bagian Tubuh Bayi yang Boleh Dipijat dan Cara Melakukannya

written by : Makuku Family - 13 Jun 2022

Viewed : 32 times  Read duration : Page Views : 102 times

Pijat bayi merupakan suatu kegiatan yang bisa dikatakan sebagai tradisi orang tua di Indonesia. Biasanya pijat bayi dilakukan mulai dari bayi baru lahir, memasuki usia beberapa bulan hingga berapa tahun. Pijat bayi dipercaya dapat memberikan banyak manfaat dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Namun moms dan dads harus mengetahui bagian tubuh si kecil mana saja yang boleh dipijat.

Menurut Bidan Angela Frischa Lidia Pratiwi, Amd.Keb., CPHCT atau yang akrab disapa Bidan Icha dalam webinar MAKUKU Bersama Orami, menjelaskan untuk bagian tubuh bayi yang boleh dipijat adalah seluruh tubuh mulai dari muka hingga kaki. Supaya manfaat memijat bayi dapat dirasakan oleh sekecil dan tidak menyakitinya, moms dan dads bisa memerhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

PIJATAN BAGIAN MUKA

Bagian Dahi

Tekanlah jari moms atau dads dengan lembut mulai pada tengah kening bayi (lalu gerakan) kearah samping menuju pelipis membentuk senyum di area dahi dan lakukan sebanyak 6 kali.

Alis

Gunakan kedua ibu jari untuk memijat pada alis mulai dari tengah membentuk senyum ke arah pelipis dan lakukan sebanyak 6 kali.

Hidung

Usapkan dgn lembut ibu jari dari pangkal hidung menyusuri hidung lalu naik ke arah pelipis. Seolah membuat anak tersenyum dan lakukan sebanyak 6 kali.

Rahang Atas

Letakkan  kedua ibu jari diatas mulut tepat dibawah sekat hidung. Gerakan kedua ibu jari ke arah samping dan atas ke arah pipi seolah membuat bayi tersenyum.  Moms dan dads bisa melakukannya sebanyak 6 kali.

Dagu  atau Rahang bawah

Letakan kedua ibu jari pada dagu dan rahang bawah, gerakan dari tengah ke samping atas seolah membuat bayi tersenyum. Gerakan ini bisa diulang sebanyak 6 kali.

Belakang telinga

Dengan mempergunakan ujung-ujung jari, berikan tekanan lembut pada daerah belakang telinga kanan dan kiri gerakan ke arah depan hingga tepat dibawah dagu sebanyak 6 kali.

PIJATAN BAGIAN TANGAN

Perahan India

Peganglah lengan bayi dengan kedua telapak tangan mulai dari bagian pundak ke arah pergelangan tangan seperti memegang pemukul softball, kemudian gerakan tangan kanan dan kiri kebawah secara bergantian dan berulang-ulang. Gerakan ini bisa diulang sebanyak 5 kali.

Perahan Swedia

Gerakan yang sama seperti perahan India, hanya saja dimulai dari pergelangan tangan menuju ke atas atau ke Pundak dan lakukan sebanyak 5 kali.

Jari

Pijat lembut jari satu persatu menuju ke arah ujung jari dengan gerakan memutar. Moms dan dads bisa melakukannya sebanyak 5 kali.

Telapak tangan

Telapak tangan dipijat dengan gerakan melingkar oleh kedua ibu jari, dari pergelangan tangan kearah jari jemari, bersamaan dgn punggung tangan dipijat oleh jari-jari lain.

Gerakan Menggulung

Peganglah lengan bayi bagian atas / pundak  dengan kedua telapak tangan bentuklah gerakan menggulung dari pangkal lengan menuju ke arah jari-jari sebanyak 5 kali.

PIJATAN BAGIAN DADA

Jantung

Letakan ujung-ujung jari kedua tangan di tengah dada (ulu hati) bayi, lalu buat gerakan atas sampai di bawah leher, kemudian ke samping membuat bentuk jantung dan kembali ke ulu hati sebanyak 2 kali.

Kupu-Kupu

Membuat gerakan diagonal seperti gambar kupu-kupu.  Kemudian Pijat secara menyilang dari ulu hati ke arah bahu kanan dan kembali ke ulu hati. Lakukan secara bergantian menggunakan kedua tangan.

PIJATAN BAGIAN PERUT

Mengayuh Pedal Sepeda

Lakukan gerakan dengan menggunakan bagian pinggir telapak tangan. Pijat pada perut bayi seperti mengayuh pedal sepeda dari atas ke bawah perut.

Bulan - Matahari

Satu tangan membuat lingkaran dengan ujung jari. Tangan kanan mulai dari perut sebelah kanan bawah (daerah usus buntu) keatas sampai mengelilingi perut (matahari). Kemudian  tangan yang lain membentuk setengah lingkaran dari bagian perut bayi menuju bagian bawh perut (bulan).

Gerakan I Love You

Memijat dengan membentuk huruf “I” pijatlah perut bayi mulai dari bagian kiri atas lurus ke bawah dgn menggunakan jari-jari tangan kanan membentuk huruf “I”. “LOVE” Membentuk huruf “L” terbalik, pijatlah dari kanan atas perut bayi ke kiri, kemudian dari kiri atas ke bawah. “YOU” Gerakan memijat membentuk huruf “U” terbalik, mulai dari kanan bawah (daerah usus buntu) ke atas , kemudian ke kiri ,ke bawah dan berakhir di perut kiri bawah.

Gelembung

Letakan ujung jari-jari pd perut bayi dan buatlah gerakan dengan  tekanan lembut jari sesuai arah  jarum jam dari kanan bawah ke kiri bawah untuk memindahkan gelembung udara.

Flexi kedua kaki

Pegang kedua lutut bayi secara bersamaan lalu arahkan kedua lutut bayi ke arah.

PIJATAN BAGIAN KAKI

Perahan India

Peganglah kaki bayi pada pangkal paha seperti memegang pemukul softball, gerakan tangan kebawah secara bergantian, seperti memerah susu.

Perahan Swedia

Gerakan yang sama mulai dari pergelangan kaki ke pangkal paha.

Telapak kaki

Buatlah lingkaran - lingkaran kecil dengan  ibu jari bergantian berputar mulai dari tumit jari ke seluruh telapak kaki.

Jari

Pijatlah jari-jarinya satu persatu dengan  Gerakan memutar.

Punggung Kaki

Dengan kedua ibu jari secara bersamaan, pijatlah seluruh punggung kaki dari pergelangan  kaki ke jari-jari membentuk huruf V ke arah jari tengah kaki.

PIJATAN BAGIAN PUNGGUNG

Gerakan Maju Mundur

Pijat dgn gerakan maju mundur dgn menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggungnya dengan posisi tengkurap.

Gerakan satu tangan

Luncurkan salah satu telapak tangan anda dari leher sampai ke pantat bayi dengan sedikit tekanan. Seolah sedang mengusap punggung bayi anda.

Gerakan Melingkar

Dengan jari -jari anda buat gerakan -gerakan melingkar kecil - kecil di samping tulang belakang dari atas bokong menuju baha lalu bergerak turun pada bagian samping punggung.

Gerakan Menggaruk

Tekan dengan lembut kelima jari-jari anda dan lakukan gerakan dari bahu turun hingga ke bokong, seperti sedang mencakar.

Gerakan Akhir

Buat pijatan memanjang  dengan ujung jari-jari tangan kanan dari leher sampai ke pantat bayi untuk mengakhiri pijatan anda.

Saat memijat bayi, lanjut Bidan Icha,  bisa menggunakan minyak kelapa zaitun atau baby oil. Agar lebih aman, pastikan menggunakan minyak yang tidak masalah jika tertelan. Selain itu, hindari menggunakan perhiasaan saat memijat bayi karena dapat melukai kulit si kecil. Perhatikan juga Panjang kuku yang memijat bayi dan jangan memakai ujung jari untuk memijat si kecil.

Untuk mengantisipasi si kecil banyak bergerak, pastikan si kecil menggunakan popok yang nyaman saat dipijat. Popok nyaman yang direkomendasikan oleh dokter adalah popok yang menggunakan struktur inti SAP atau super absorbent polymer. Popok dengan struktur inti SAP sudah terbukti anti gumpal, mampu mengunci cairan dengan baik dan menjaga permukaan pook tetap kering hingga 8 jam. Satu-satunya popok yang menggunakan struktur inti SAP sepenuhnya adalah MAKUKU Air Diapers Slim dan MAKUKU Air Diapers Comfort.

MAKUKU Air Diapers Slim dan MAKUKU Air Diapers Comfort tersedia dalam dua jenis yakni tape atau perekat dan pants. Sementara ukuran untuk MAKUKU Air Diapers Slim adalah NB, S, M, L, XL, XXL dan MAKUKU Air Diapers Comfort adalah S, M, L, XL, dan XXL. Semua varian popok MAKUKU ini dapat dibeli secara offline di MAKUKU Family Store dan online di MAKUKU Official Store di Shopee, Lazada, Tokopedia, JD.ID dan BliBli. Seputar info produk baru MAKUKU, promo dna parenting juga bisa moms dan dads pantau di akun Instagram @MAKUKU.Indonesia.Official dan kunjungi website MAKUKU.co.id.

Yuk, comfort bersama MAKUKU, MAKUKU memulai era SAP! (Aq/ MKK)

popokbayi

MAKUKUAIRDIAPERS

POPOKSAP

POPOKMAKUKU

STRUKTURINTISAP

SUPERABSORBENTPOLYMER

ERASAP

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

SAP

MEMULAIERASAP

MAKUKUAIRDIAPERSCOMFORT

PIJATBAYI

CARAMANPIJATBAYI

PIJATNEWSBORN

PIJAT

POPOKUNTUKPIJAT BAYI

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Ahli
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Kasih Sayang Suami: Kunci Sukses Istri MengASIhi Buah Hati

Memberikan ASI eksklusif sangat disarankan untuk si kecil hingga 6-12 bulan. Menyusui bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh ibu. Banyak tantangan dalam menyusui mulai dari ASI yang belum keluar, puting yang lecet hingga posisi menyusui yang belum tepat dan memengruhi proses menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui membutuhkan dukungan agar dapat menyusui si kecil. Terutama dukungan dari suami, sekecil apapun dukungan sangat berarti untuk istri.

Makuku Family
2022-08-04 16:54:40
7 comments
Ahli
Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Makuku Family
2022-07-31 22:21:50
7 comments