Anti Gagal, Ini Cara Mudah Mendidik Anak Tumbuh Cerdas dan Aktif

Anti Gagal, Ini Cara Mudah Mendidik Anak Tumbuh Cerdas dan Aktif

written by : Makuku Family - 29 Jun 2022

Viewed : 12 times  Read duration : Page Views : 53 times

Memiliki anak yang tumbuh cerdas dan aktif adalah impian semua orang tua. Mendidik anak tumbuh cerdas dan aktif itu tidaklah sulit. Keterlibatan orang tua dalam proses mendidik anak sangat berpengaruh besar. Keaktifan orang tua yang terlibat dalam pengasuhan si kecil ternyata dapat mengasah perkembangan otak. Untuk itu, mom dan dad harus memperkaya diri dengan mengetahui cara mudah mendidik anak agar dapat tumbuh cerdas dan aktif secara optimal.

Melalui Instagram Live MAKUKU bersama Frisian Flag Primagro, dr. Andreas sebagai narasumber sekaligus konsultan spesialis anak MAKUKU menjelaskan perbedaan mendasar anak aktif dan hiperaktif. Anak yang aktif, kata dr. Andreas, adalah anak yang sehat memiliki pertumbuhan yang baik dan sesuai dengan usianya baik dalam hal asupan gizi hingga lingkar kepala yang berkaitan dengan perkembangan otak si kecil.

Selain itu, anak yang aktif  dapat mengikuti kegiatan yang tengah berlangsung, memiliki kestabilan emosional, dapat bermain dengan teman-temannya. Meski terkadang mengalami tantrum, hal tersebut wajar terjadi pada anak-anak. Namun, pada anak yang hiperaktif, biasanya identik dengan kelainan seperti autism dan ADHD. 

Adapun cara agar menghadapi anak yang aktif adalah orang tua harus memiliki waktu yang baik untuk menemani si kecil. Dengan begitu, orang tua dapat membantu si kecil dalam mengontrol energi yang dikeluarkan si kecil untuk aktivitas yang positif. “orang tua harus memiliki inisiatif untuk menjauhkan hal yang negatif supaya anak bebas mengeksplorasi tanpa memarahinya,” ujar dr. Andreas saat wawancara eksklusif di Instagram Live MAKUKU dan Primagro pada 28 Juni 2022.

Sementara mengenai kecerdasan anak, menurut dr. Andreas ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Diantaranya, faktor genetik dari orang tua. Baik mom atau dad memiliki peran penting dalam kecerdasan anak. Mom memegang peranan penting karena mom yang pintar menghasilkan anak yang cerdas. Sedangkan peran dad pada pola asuh jauh lebih baik. “Ayah lebih tegas sehingga pengaruhnya baik dalam tumbuh kembang dan menjaga emosi anak,”.

Serta pemberian nutrisi harus diberikan secara optimal agar si kecil aktif dan cerdas. dr. Andreas menyarankan untuk memenuhi kebutuhan asupan si kecil diantaranya mikronutrien, makronutrien, asam amino dan DHA. “Makronutrien itu meliputi karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan mikronutrien meliputi serat dan vitamin,” jelas dr. Andreas.

Faktor lain yang dapat menunjang perkembangan otak si kecil adalah lingkungan. Lingkungan sehat dapat menstimulasi kecerdasan anak dengan baik. Namun, dr. Andreas mengingatkan agar orang tua dapat memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia dan tidak berlebihan. Stimulasi anak yang aktif juga dapat didukung dengan memberikan popok terbaik. Idealnya, popok yang tepat itu dapat melindungi kulit si kecil dari masalah seperti ruam, alergi dan kemerahan.  

Menggunakan popok yang tidak ergonomis dapat berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil. Dr. Andreas merekomendasikan popok yang tidak menggumpal agar tidak menghambat si kecil bergerak dan membuat si kecil terstimulasi dengan baik. Popok yang menggumpal, tidak menyerap dengan baik dan tidak ergonomis bisa membuat anak tidak terstimulasi dengan baik. Sehingga pertumbuhan buah hati tidak prima.

“Kalau tidak terstimulasi dengan baik maka pertumbuhannya tidak prima dan hal ini membuat nutrisinya pun terganggu. Karena nutrisi yang terserap hanya bekerja untuk memperbaiki dan menyembuhkan infeksi tubuh,” tutup dr. Andreas.

Popok MAKUKU Menggunakan Teknologi Baru yang Ramah Pada Kulit Si Kecil

Popok MAKUKU kini memiliki dua varian yaitu MAKUKU Air Diapers Slim dan MAKUKU Air Diapers Comfort. Kedua varian ini menggunakan teknologi terbaru yaitu struktur inti SAP atau super Absorbent Polymer. Dengan struktur inti SAP, popok MAKUKU anti gumpal, super tipis dan ekstra kering  sehingga melindungi kulit si kecil dari ruam popok dan kemerahan.

Kedua varian popok MAKUKU memiliki keunggulan masing-masing yang pastinya dapat membantu mom dan dad dalam dunia perpopokan. Mom dan dad bisa pilih sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Supaya mom dan dad tidak ketinggalan informasi mengenai produk MAKUKU dan promo menarik lainnya, jangan lupa follow Instagram @MAKUKU.Indonesia.Official. (Aq/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Ahli
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Kasih Sayang Suami: Kunci Sukses Istri MengASIhi Buah Hati

Memberikan ASI eksklusif sangat disarankan untuk si kecil hingga 6-12 bulan. Menyusui bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh ibu. Banyak tantangan dalam menyusui mulai dari ASI yang belum keluar, puting yang lecet hingga posisi menyusui yang belum tepat dan memengruhi proses menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui membutuhkan dukungan agar dapat menyusui si kecil. Terutama dukungan dari suami, sekecil apapun dukungan sangat berarti untuk istri.

Makuku Family
2022-08-04 16:54:40
7 comments
Ahli
Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Makuku Family
2022-07-31 22:21:50
7 comments