Popok Bayi Bisa Kadaluarsa Nggak Ya?

Popok Bayi Bisa Kadaluarsa Nggak Ya?

written by : MAKUKU - 14 Jul 2022

Viewed : 53 times  Read duration : Page Views : 1835 times

Sebagian besar mommy selalu menyetok popok dalam jumlah yang banyak setiap bulannya. Mungkin kebiasaan ini menimbulkan pertanyaan apakah popok memiliki tanggal kadaluarsa atau tidak? Jika iya apakah bahaya untuk si kecil jika menggunakan popok kadaluarsa?

Sebenarnya popok sekali pakai tidak memiliki tanggal kadaluarsa atau masa simpan tertentu, asalkan penyimpanan popok benar. Popok bayi tidak seperti produk makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa. Pada umumnya, popok bayi sekali pakai ini masih baik digunakan hingga dua tahun sejak pembelian. Dengan catatan, popok belum dibuka dan disimpan di tempat yang bersih. Hindari menyimpan popok di tempat yang lembab untuk mencegah jamur. Popok sebaiknya disimpan ditempat yang tertutup.

Penyimpanan popok yang sembarangan dan terlalu lama juga dapat memengaruhi kualitas popok. Jadi, semakin baik penyimpanannya dapat menjaga kualitas dan memperpanjang umur simpan popok. Popok yang sudah berumur lama dapat mengalami penurunan kualitas. Seperti popok kehilangan fungsi dan efektivitasnya sehingga popok mudah bocor dan penyerapannya kurang baik yang membuat permukaan popok lembab.

Popok yang lembab bisa memicu timbulnya beberapa masalah kulit pada bayi yaitu ruam popok, iritasi hingga alergi. Selain itu, popok menjadi tidak layak pakai dan mengalami beberapa perubahan. Diantaranya mengalami perubahan warna, perubahan aroma, berkurang kemampuan daya serapnya dan masalah kebocoran.

Cara Menyimpan Popok yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Penting untuk para mom dan dad mengetahui bagaimana cara menyimpan popok yang benar agar tidak cepat rusak. Cara mudah menyimpan popok agar fungsinya bertahan lama adalah menyimpan popok di dalam kemasan aslinya. Pastikan kemasan yang telah dibuka kembali ditutup agar kedap udara dan tidak mempercepat penguraian bahan, bau dan penyerapan uap.

Selain itu, hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung supaya mencegah perubahan pada warna popok. Hal ini juga bertujuan untuk melindungi popok dari panas yang dapat menurunkan kualitas popok. Serta jangan menyimpan popok di tempat lembab seperti di kamar mandi. (Aq/MKK)

ruampopok

popokbayi

POPOKMAKUKU

KADALUARSAPOPOK

POPOKKADALUARSA

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment