Hari Kanker Anak Sedunia 2022: Kelangsungan Hidup yang Lebih Baik

Hari Kanker Anak Sedunia 2022: Kelangsungan Hidup yang Lebih Baik

written by : MAKUKU - 16 Feb 2022

Viewed : 72 times  Read duration : Page Views : 390 times

Setiap tanggal 15 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Anak Sedunia. Pada tahun 2022 ini, tema yang diangkat pada Hari Kanker Anak Sedunia adalah “Kelangsungan Hidup yang Lebih Baik” dan dapat dicapai dengan #throughyourhand.

Hari Kanker Anak Sedunia diperingati dengan untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker di kalangan anak-anak. Serta memberikan dukungan moril bagi remaja dan anak-anak yang sedang berjuang melawan kanker, telah sembuh dari kanker dan keluarga penyintas kanker.

Melansir dari beberapa sumber, menurut data studi pada tahun 2017 Indian Journal of Medical and Pediatric Oncology, hamper 50.000 anak yang berusia 0-19 tahun menyerah pada penyakit mematikan ini. Bahkan lebih dari 280.000 juta anak  dan remaja dibawah usia 20 tahun didiagnosa mengidap kanker setiap tahunnya.

Pada negara berpenghasilan tinggi, lebih dari 80% anak penderita kanker dinyatakan sembuh. Namun, di negara berpenghasilan rendah dan menengah angka kesembuhan anak yang menderita kanker hanya sekitar 20%. Hal ini membuat kanker sebagai penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada anak-anak urutan ke-9.

Sampai saat ini, belum dapat diketahui dengan pasti faktor yang meningkatkan risiko kanker dan penyebabnya pada anak-anak. Namun, penting bagi orang tua dan keluarga untuk mengenali gejala atau tanda-tanda kanker pada anak. Kanker pada orang dewasa dengan anak-anak memiliki perbedaan. Kebanyakan kanker yang terjadi pada orang dewasa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Sedangkan pada anak-anak, kanker cenderung disebabkan oleh faktor genetis yang diturunkan orang tua. Itu kenapa, peringatan Hari Kanker Anak Sedunia selalu dibarengi dengan pemberian edukasi untuk para orang tua. Adapun beberapa jenis kanker yang sering menyerang anak-anak diantaranya leukemia, retinoblastoma, kanker otak, neuroblastoma, dan limfoma.

MAKUKU sebagai konsultan ibu dan anak mendukung kesehatan dan pertumbuhan anak-anak di Indonesia dengan menyediakan berbagai produk berkualitas tinggi. Selamat Hari Kanker Anak Sedunia! (Aq/MKK)

harikanker

harikankernasional

harikankeranak

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
7 Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Perjalanan Mudik

Simak Tips Mengatasi Bayi Rewel di Jalan! Temukan solusi praktis dan efektif untuk menjaga bayi tetap tenang dan nyaman selama perjalanan mudik.

MAKUKU
2024-04-05 09:48:28
0 Comment
GAYA HIDUP
8 Destinasi Wisata Bogor Ramah Anak untuk Liburan Keluarga

Liburan seru bersama anak di Bogor? Yuk, kunjungi Destinasi Wisata Bogor Ramah Anak! Beragam pilihan wisata edukatif dan menyenangkan menanti.

MAKUKU
2024-04-05 09:35:10
0 Comment