Melahirkan Minim Trauma: Persalinan Nyaman dan Aman

Melahirkan Minim Trauma: Persalinan Nyaman dan Aman

written by : MAKUKU - 27 Jun 2022

Viewed : 26 times  Read duration : Page Views : 310 times

Menantikan kehadiran buah hati adalah momen yang mendebarkan apalagi jika melahirkan pertama kali. Biasanya bayangan tentang melahirkan sangat menyakitkan, menakutkan dan membuat trauma. Sehingga tidak sedikit ibu menjelang melahirkan merencanakan proses persalinan yang sesuai dengan keinginannya. Meski ibu hamil bisa memilih persalinan secara Caesar, ternyata Sebagian besar ibu hamil mengharapkan proses melahirkan secara normal yang minim trauma, nyaman dan aman.

Melahirkan minim trauma dengan persalinan yang nyaman dan aman identik dengan melahirkan secara normal. Metode ini banyak didambakan oleh para calon ibu karena dianggap lebih pas dihati karena menurunkan risiko anestesi, pembedahan dan proses pemulihan yang lebih cepat dibandingkan proses melahirkan caesar. Selain itu, banyak manfaat dari proses melahirkan secara normal.

Bila kondisi kehamilan sehat tidak ada komplikasi apapun baik pada kesehatan ibu hamil dan janin, sangat direkomendasikan untuk melahirkan secara pervaginam atau normal. Manfaat dari melahirkan normal diantaranya bayi yang dilahirkan akan menerima bakteri menguntungkan dari jalan lahir. Cairan dalam paru-paru bayi akan terbantu keluar, waktu pemulihan yang lebih cepat, terhindari dari risiko operasi besar, dan mempermudah merangsang laktasi. Serta cenderung terhindar dari komplikasi di kehamilan berikutnya. Dari segi finansial juga lebih murah dan terjangkau.

Hal yang perlu dilakukan sebelum persalinan menurut Bidan Novelita Damanik, Am.Keb atau akrab disapa Bidan Novel adalah memenuhi nutrisi ibu dan bayi. Karena menurutnya, persalinan membutuhkan banyak tenaga yang sangat banyak. Pemenuhan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi buah, sayur dan vitamin. Begitu juga dengan waktu istirahat selama masa kehamilan.

“Buah, sayur dan vitamin sangat dibutuhkan sama halnya dengan ISTIRAHAT. Keduanya harus balance,” Jelas Bidan Novel dalam Kulwap MAKUKU bersama Orami dengan tema Melahirkan Minim Trauma: Persalinan Nyaman dan Aman, pada Rabu 22 Juni 2022.

Bidan Novel juga menyarankan agar ibu hamil rajin jalan pagi dan jongkok. kedua aktivitas tersebut, lanjutnya, adalah salah satu upaya untuk membantu kepala bayi semakin turun melewati panggul dan mengatur pernapasan. Sehingga peluang melahirkan secara normal semakin besar. “Ketika kita rutin jalan pagi kepala bayi akan semakin turun seiring tulang panggul bergerak dan mengikuti gaya gravitasi sama halnya dengan jongkok, namun gerakan jongkok itu membuat panggul semakin luas jadi membuat kepala bayi semakin masuk kedalam panggul”.

Selain mempersiapkan diri, persiapan melahirkan juga mencakup segala sesuatu. Berikut beberapa poin yang wajib menjadi list panduan agar mom dan dad tidak kewalahan:

  • Data pribadi ibu dan suami. Contohnya Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), KTP, Kartu Keluarga, Kartu BPJS, kartu asuransi, surat nikah serta dokumen terkait pembayaran. Tas persalinan berisi barang.
  • Tas persalinan berisi barang yang membuat ibu merasa nyaman seperti massage oil kesukaan ibu, bantal, alas duduk tahan air dan sebagainya.
  • Alat transportasi. Gunakan alat transportasi yang nyaman dan aman bagi ibu yang akan bersalin seperti mobil.
  • Support system atau pendamping persalinan. Ajak pendamping yang dapat mom percaya mendampingi selama proses persalinan seperti Ibu ari mom yang bersalin atau suami.
  • Persiapkan perlengkapan yang nyaman buat si kecil dengan memilih popok yang lembut dan berdaya serap tinggi.

Popok Bayi Ternyaman Rekomendasi Para Pakar

Pilihan popok yang mom dan dad jatuhkan mungkin bisa tepat untuk si kecil atau malah memberikan dampak buruk untuk kulit si kecil. Apalagi pada kulit newborn atau bayi baru lahir yang kulitnya masih sensitif. untuk mencegah masalah kulit pada bayi seperti alergi atau ruam popok, para ahli merekomendasikan popok dengan daya serap yang tinggi, penyerapannya merata serta mampu menjaga permukaan popok tetap kering.

Semua kelebihan tersebut dimiliki oleh varian popok MAKUKU Air Diapers yaitu MAKUKU Air Diapers Slim dan MAKUKU Air Diapers Comfort. Keunggulan lain dari popok MAKUKU ini adalah menggunakan teknologi baru struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer. Sehingga popok MAKUKU anti gumpal, super tipis dan ekstra kering.

MAKUKU Air Air Diapers Slim dan MAKUKU Air Diapers Comfort bisa diperoleh di offline store Transmart, Diamond, Food Hall, Market City, Raja Susu, AEON dan MAKUKU Family Store. Serta di Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli dan JD.id MAKUKU Official Store. Buat mom dan dad yang pengen tahu lebih banyak soal popok MAKUKU dan promo menarik lainnya, jangan lupa follow @MAKUKU.Indonesia.Official dan kunjungi MAKUKU.co.id. (Aq/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERS

POPOKSAP

melahirkan

POPOKMAKUKU

SUPERABSORBENTPOLYMER

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

MAKUKUAIRDIAPERSCOMFORT

melahirkannormal

operasicaesar

bidannovel

kuliahwhatsapp

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment