Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

written by : Makuku Family - 31 Jul 2022

Viewed : 13 times  Read duration : Page Views : 67 times

Membuat anak bahagia adalah keinginan setiap orang tua. Masa kecil anak yang bahagia akan menjadi kenangan indah bagi seorang anak dan melekat sepanjang hidupnya. Bahkan penting menciptakan masa kecil yang bahagia karena kebahagiaan anak dapat menentukan karakter anak saat sudah dewasa. Lalu bagaimana tanda anak yang bahagia? Apa dampak jangka panjang jika anak tidak bahagia sejak kecil?

MAKUKU sebagai konsultan ibu dan anak bersama Mariska Johana Heryputri, M.Psi, Psikolog mengadakan talkshow bertajuk Happy Mom = Happy Kid di V-radio pada 28 Juli 2022. Mariska mengatakan anak yang bahagia adalah anak yang dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, bisa mengekspresikan diri, bebas bergerak, dan mampu mengetahui jati dirinya. 

Menurut Mariska kebahagiaan bukan dilihat dari mainan yang mereka miliki. Sumber kebahagian utama bagi anak yang terpenting adalah rasa aman dan nyaman baik secara psikologis dan kesehatan. Bahkan sebuah penelitian mengatakan anak yang bahagia lebih berpeluang besar memiliki kepuasan hidup yang tinggi saat dewasa. 

“Kalau anak bahagia mereka bisa menolong orang lain dan membangun sosial yang luas. Anak yang nyaman jua tingkat kepercayaan dirinya bagus,” ujar Mariska.

Sementara ciri anak yang kurang bahagia bisa dilihat dari sikap dan perilaku si kecil setiap harinya. Seperti si kecil lebih menyukai sendiri, lebih pasif , tidak mau bermain dengan teman, susah makan dan sensitif. Sedangkan dampak dari anak yang tidak bahagia adalah si kecil menarik diri dan tidak bisa membangun hubungan sosial yang sehat. 

“Jadi, tersenyum atau tertawa itu bukan patokan anak bahagia. Anak bahagia bisa mengekspresikan diri ke orang lain, tertarik main dan belajar dan tidak mengurung diri di kamar,” tambah Mariska.

Selain itu, kebahagian orang tua juga dapat menentukan kebahagiaan anak. Pernah mendengar anak adalah peniru yang baik? Anak yang bahagia juga bisa “meniru” kebahagian dari orang tua. Anak akan meniru cara orang tuanya terutama mommy yang banyak menghabiskan waktu bersama si kecil bagaimana cara tersenyum, tertawa dan bahagia. Jadi, anak yang bahagia berasal dari orang tua yang bahagia juga.

Upaya agar si kecil selalu bahagia yakni dengan menghabiskan waktu bersama, menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, mendukung perkembangan dan menunjang kebutuhan nutrisi dan lainnya. Kebutuhan si kecil pun harus dipenuhi dengan baik. Di kesempatan yang sama brand representative MAKUKU, Ina Setiawati, mengatakan memenuhi kebutuhan si kecil dengan memberikan yang terbaik dapat menunjang tumbuh kembang. Seperti memberikan popok yang berkualitas tinggi untuk menunjang kenyamanan.  Saat si kecil nyaman dan tidak rewel akan membuat mommy turut happy. 

Ina menuturkan popok yang berkualitas tinggi dan direkomendasikan oleh expert adalah MAKUKU Air Diapers Slim. MAKUKU Air Diapers Slim adalah pelopor popok dengan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer pertama di Indonesia. Dengan teknologi terbaru, MAKUKU Air Diapers Slim anti gumpal. Popok anti gumpal sangat dibutuhkan oleh bayi agar tidak membatasi geraknya, bayi tidak terbebani dengan popok yang berat karena cairan pada popok MAKUKU menyerap dan menyebar secara merata atau tidak terserap hanya di satu titik saja.

Selain itu, popok MAKUKU Air Diapers Slim ini sangat tipis hanya 1,6 mm. Meski tipis, MAKUKU Air Diapers Slim memiliki daya serap yang tinggi dan orang tua tidak perlu khawatir dengan kebocoran. Karena struktur inti SAP mampu menyerap cairan dengan baik sehingga permukaan popok menjadi lebih kering. Jadi, MAKUKU Air Diapers Slim adalah popok yang ideal untuk bayi baru lahir hingga balita.

MAKUKU Air Diapers Slim bisa didapatkan secara offline dan online. MAKUKU Air Diapers Slim sudah tersedia di MAKUKU Family store (sudah ada 26 store), Transmart, Diamond, Food Hall, Market City, Raja Susu, Hypermart, Hero, Grand Lucky, AEON dan MAKUKU Family Store. Serta di Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli, JD.id dan TikTok MAKUKU Official Store. (Aq/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERS

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

See all >
Expert
Starting the SAP Era, MAKUKU Launches Its New Diaper

One way for parents to provide the best for their children is to choose the right diaper. Diaper selection is very important because diapers can have an impact on the development and health of your little one. The negative effect caused by choosing the wrong diaper is diaper rash. As a solution to this problem, MAKUKU innovated by re-launching diapers with ultra slim SAP (Super Absorbent Polymer).

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Expert
Myth or Fact: Having Sex During Older Pregnancy Can Launch Childbirth

There are many myths circulating in society about pregnancy. One of them is having sex during late pregnancy can facilitate childbirth. Then is it true?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

See all >
Expert
5 Causes of Diaper Rash that Parents Rarely Realize

Diaper rash is a red condition around the skin covered by a diaper. Because usually the diaper-covered area is very humid, especially if the baby uses a diaper for 24 hours. There are several habits or factors that cause diaper rash. But unfortunately, the cause of diaper rash is the most common but rarely realized by parents. Come on, mom and dad know what are the five main causes of diaper rash so that your little one avoids diaper rash.

Makuku Family
2022-09-27 17:17:39
7 comments
Expert
Study: 15 Percent of Women Experience Stress During Pregnancy

For Moms who have gone through pregnancy, have you ever experienced stress or depression? Apparently, it also happens to 15 percent of other women in the world.

Makuku Family
2022-09-22 11:32:14
7 comments