Pentingnya Perlak untuk Si Kecil dan Cara Memilih Perlak yang Tepat

Pentingnya Perlak untuk Si Kecil dan Cara Memilih Perlak yang Tepat

written by : MAKUKU - 25 Feb 2022

Viewed : 34 times  Read duration : Page Views : 1239 times

Merawat seorang bayi memang membutuhkan banyak perlengkapan serta peralatan. Sebut saja, popok, susu, pakaian, dan yang lainnya yang memang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Ada baiknya, semua peralatan dan perlengkapan bayi bisa terpenuhi agar dapat merawat si kecil dengan maksimal.

Bagi Anda yang baru saja menjadi orang tua atau sedang dalam masa merawat bayi, rasanya tidak boleh melewatkan perlengkapan satu ini, yaitu perlak ompol. Perlengkapan yang satu ini sudah menjadi kebutuhan dasar bayi baru lahir hingga beberapa bulan masa pertumbuhannya, perlak bayi memiliki manfaat yang amat penting.

Perlengkapan bayi satu ini berfungsi sebagai alas tidur untuk melindungi kasur dari rembesan ompol atau pipis si kecil. Namun, ternyata barang ajaib ini memiliki banyak fungsi yang penting untuk Anda ketahui.

Berikut ini semua hal yang perlu Anda tahu tentang perlak ompol atau perlak bayi. Simak penjelasannya, ya!

Manfaat Perlak

Perlak adalah perlengkapan yang wajib dimiliki setiap ibu baik saat akan melahirkan atau setelahnya.

Mengapa demikian? Mendekati hari H persalinan, perlak menjadi kebutuhan dasar bayi yang tak boleh dilewatkan karena dapat menjaga kasur agar tidak basah dan kotor oleh ompol dan BAB bayi nantinya ketika sudah lahir. Jika Anda menyiapkannya lebih cepat, tentu tidak akan ada salahnya.Nah, tak hanya itu, ternyata perlak ompol juga berfungsi untuk hal lain yang juga bermanfaat, yaitu sebagai:

Alas ompol

Sesuai dengan namanya, perlak ompol memiliki fungsi utama yaitu sebagai alas ompol. Perlak terbuat dari bahan tahan air sehingga tidak akan basah atau tembus terkena air atau ompol bayi. Karena itu perlak selalu digunakan sebagai alas tidur sehingga kasur atau matras tidak basah oleh ompol bayi.Tidak hanya itu, perlak bayi juga bisa dimanfaatkan sebagai alas untuk mengeringkan badan bayi setelah mandi atau bahkan sebagai alas saat memandikan si kecil.

Penanda bagi orang tua

Perlak ompol ternyata bisa menjadi salah satu benda yang bisa menandakan apakah bayi sedang pipis atau BAB, bagaimana caranya? Perlak ompol yang berkualitas baik sudah pasti terbuat dari bahan microfiber yang tidak menyerap air. Hal tersebut menjadikan perlak bisa menampung dari kotor dan bau karena kotoran si kecil saat Anda meletakkannya di atas kasur.Perlak juga akan mempermudah pekerjaan Anda karena tidak perlu mengganti matras atau kasur jika Anda melapisinya dengan perlak.

Mencegah ruam popok

Hal satu ini tentu masuk akal karena jika Anda menggunakan perlak, maka Anda tidak perlu lagi memasangkan popok saat si kecil sedang tidur. Anda cukup membaringkannya di atas perlak. Dijamin, pipis dan tinja dari bayi tidak akan menumpuk dan membuat kondisi si kecil menjadi lembab.Kondisi ini juga akan secara langsung dapat mencegah risiko bayi terkena ruam popok di bagian tertentu. 

Jangan khawatir, perlak yang berkualitas akan melindungi kasur dari rembesan ompol bayi. Namun, Anda juga tak boleh lupa untuk selalu menjaga kebersihan perlak karena perlak yang terkena kotoran si kecil jika tidak dibersihkan dengan baik dapat mengakibatkan risiko kesehatan lain.

Nah berikut ini adalah tips memilih perlak yang tepat untuk digunakan sebagai alas ompol dan tidur.

Tips Memilih Perlak Bayi

Utamakan merek yang terpercaya

Memilih perlak untuk alas tidur bayi juga tidak boleh sembarangan. Pastikan Anda sudah memperhatikan kualitas perlak yang akan digunakan oleh bayi Anda saat tidur nanti. Pilihlah yang berkualitas meskipun harus sedikit mahal dan pastikan perlak yang Anda pilih bebas dari kandungan zat berbahaya yang bisa memicu iritasi seperti ruam dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Anda bisa membeli perlak bayi dari merek ternama yang sudah dijamin kualitasnya dan belilah minimal dua lembar agar bisa disiapkan sebagai cadangan.

Pilih ukuran yang sesuai

Tips selanjutnya adalah dengan memilih ukuran yang sesuai. Anda bisa menyesuaikan dengan preferensi sendiri, namun sedikit tips, sebaiknya Anda memilih perlak yang berukuran cukup lebar agar bisa melindungi kasur dengan maksimal. Meskipun demikian, Anda tidak perlu memilih yang terlalu besar agar tetap mudah untuk dibawa ke mana saja.

Pilih yang aman dan tahan air

Saat membeli perlak, pastikan Anda sudah memilih yang tak hanya nyaman tetapi aman untuk kulit bayi. Pastikan Anda memilih perlak yang terbuat dari polyethylene vinyl acetate (PEVA), vinyl (PVC), Ethylene vinyl acetate (EVA), dan polyurethane. Dari keempat jenis tersebut, polyurethane adalah yang paling aman.
Pastikan juga perlak yang Anda beli memiliki permukaan halus dan lembut serta tahan air. Meski perlak umumnya terbuat dari bahan yang tahan air, tetapi perlak ompol berkualitas rendah tentunya memiliki daya serap yang berbeda.

Karena itu, pilihlah perlak yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi sehingga tahan air dan tidak tembus ke bawah. Sama halnya dengan perlak, memilih popok juga perlu ketepatan agar dapat digunakan secara maksimal.

Untuk Anda dan para ibu lainnya, untuk urusan popok MAKUKU Air Diapers hadir sebagai popok pilihan terbaik.

Secara khusus, MAKUKU Diapers menggunakan struktur SAP (Super Absorbent Polymer)  generasi terbaru, yang membuat popok ini anti gumpal, berdaya serap tinggi, dan dapat mengunci cairan dengan baik. Dijamin, si kecil akan nyaman, tak khawatir bocor, dan terhindar dari masalah lain seperti, ruam popok.

Popok MAKUKU Air Diapers juga super tipis dan ekstra kering saat digunakan karena memiliki ketebalan hanya 1.6 mm, lebih tipis dibandingkan dengan popok lainnya yang memudahkan si kecil bergerak dengan bebas dan nyaman.

Dengan formulasi terbaru, MAKUKU Air Diapers dapat menyerap cairan dengan merata dan tanpa mudah menggumpal dalam bentuk yang sangat tipis dan akan tetap tipis walau sudah menyerap banyak cairan.

Jadi, tunggu apalagi? Anda dan para ibu, dapat memilih popok terbaik, yaitu MAKUKU Air Diapers!

popokbayi

MAKUKUAIRDIAPERS

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment