Hari Keluarga Nasional 2022: Pentingnya Mencegah Stunting

Hari Keluarga Nasional 2022: Pentingnya Mencegah Stunting

written by : MAKUKU - 29 Jun 2022

Viewed : 10 times  Read duration : Page Views : 446 times

Hari Keluarga Nasional atau Harganas diperingati setiap tanggal 29 Juni. Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

Harganas 2022 ini mengusung tema Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting. Dengan tagar yang digunakan adalah #KeluargaKerenCegahStunting. Pada 29 Juni 2022, Hari Keluarga Nasional akan diselenggarakan di Kota Medan, Sumatera Utara secara hibrid, via luring dan daring. Dilansir dari laman Kemdikbud, Hari Keluarga Nasional tahun ini akan menjadi momentum mengajak masyarakat untuk mencegah stunting di seluruh wilayah Indonesia dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia.

Optimalisasi delapan fungsi keluarga, yakni: agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan. Sedangkan  ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting. Diketahui, saat ini angka prevalensi stunting di Indonesia sebesar 24,4 persen (SSGBI 2021).

Masih ada target besar untuk capai angka stunting 14 persen pada 2024. Karena itu, keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Melalui pencegahan sejak sebelum perkawinan, sampai 1000 hari fase kehidupan.

Sejarah Singkat Hari Keluarga Nasional 2022

Sejarah Hari Keluarga Nasional untuk pertama kali dipelopori oleh ketua  ketua Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di era Presiden Soeharto, yaitu Haryono Suyono. Peringatan Harganas sudah dilakukan sejak tahun 1993, hingga tahun ini adalah perayaan ke-29 kalinya. Kemudian ditetapkan dalam aturan Keputusan Presiden RI No.39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional.

Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Memperingati Harganas 2022

Hari Keluarga Nasional yang ke-29 akan dirayakan di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 7 Juli 2022 oleh Presiden Joko Widodo. Tidak perlu jauh-jauh kesana untuk turut berpartisipasi dalam memeriahkan peringatan Harganas, mom dan dad bisa melakukan beberapa hal dirumah bersama si kecil. Cara merayakan Harganas ala MAKUKU Indonesia:

Makan malam bersama

Momen makan malam mungkin adalah hal yang sederhana namun jarang dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Mom dan dad bisa meluangkan waktu khusus di Hari Keluarga Nasional ini dengan makan malam yang sehat bersama si kecil. Bahkan mom dan dad bisa menyiapkan makanan bersama sekaligus untuk bonding.

Bermain games

Bermain adalah hal menyenangkan yang disukai oleh anak-anak. Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa bermain bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan motorik anak. Mom dan dad bisa mencoba games seru yang bisa dimainkan oleh banyak orang.

Nonton Film

Yuk, mom dan dad ajak si kecil nonton film kesukaannya. Setelah menonton film, mom dan dad bisa mengajak si kecil untuk menceritakan ulang tentang filmnya dan mengajak si kecil diskusi. Hal ini sangat bermanfaat untuk membangun komunikasi yang baik dengan si kecil.

Liburan akhir pekan

Mungkin sudah lama mom dan dad tidak mengajak si kecil keluar bersama-sama sejak pandemi. Jika bosan melakukan aktivitas bersama di rumah, boleh banget loh mom dan dad merencanakan liburan singkat di akhir pekan. Mom dan dad bisa memilih tempat yang tidak terlalu ramai dan selalu menerapkan protokol kesehatan selama berada di luar rumah. (Aq/MKK)

keluarga

HARIKELUARGANASIONAL

HARIKELUARGANASIONAL2022

HARGANAS2022

STUNTING

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment