Gairah Seks Menurun Saat Menyusui? Ini Alasannya!

Gairah Seks Menurun Saat Menyusui? Ini Alasannya!

written by : MAKUKU - 2 Agt 2022

Viewed : 33 times  Read duration : Page Views : 947 times

Banyak hal yang dapat memengaruhi gairah seksual terutama bagi ibu yang sedang menyusui. Menyusui kerap kali disebut menjadi salah satu pemicu gairah seksual yang menurun. Hal  ini tidak sepenuhnya salah. Menurut beberapa ahli menyusui memang dapat menurunkan gairah seksual pada wanita. Lalu apa kira-kira alasannya? Yuk, simak alasannya berikut ini.

Saat menyusui, seorang wanita dapat mengalami perubahan hormon.Hormon estrogen yang dapat membangkitkan gairah seksual akan menyusut selama masa menyusui. Sehingga ketidakseimbangan hormon ini meredam gairah seksual. Tidak heran, jika ibu menyusui terkadang enggan melakukan hubungan seksual dengan suami ketika menyusui. Ditambah lagi, faktor kelelahan mengurus si kecil dan pekerjaan.

Selain meningkatkan hasrat berhubungan intim, hormon estrogen juga dikenal sebagai hormon yang dapat membantu menjaga kelenturan dan kelembaban vagina. Jadi, ketika menyusui dan hormone estrogen berkurang akan membuat vagina lebih kering. Kondisi vagina yang terlalu kering dapat membuat hubungan intim tidak nyaman dan terasa saat saat penetrasi. Bahkan payudara pun bisa berkurang sensitivitasnya terhadap rangsangan di masa menyusui. Hal ini pula yang membuat ibu menyusui malas berhubungan intim.

Perlu diketahui juga saat menyusui, hormon prolaktin dan oksitosin mengalami peningkatan. Kombinasi kedua hormon ini berperan penting dalam produksi ASI. Hormon prolaktin dan oksitosin yang jumlahnya banyak dapat mendorong produksi ASI yang banyak pula. Namun, di sisi lain kedua hormon ini berdampak mengalahkan hormon lainnya yang membangkitkan gairah seksual. Selain hormon estrogen yang menurun, zat dopamin pun ikut berkurang saat menyusui. Padahal zat dopamin berfungsi untuk memunculkan rasa senang dan hasrat bercinta.

Tips Bercinta Tetap Panas dengan Suami Kala Menyusui

Selain hal di atas, ibu menyusui juga memiliki kekhawatiran lain saat berhubungan intim yaitu payudara “bocor” alias ASI keluar dan menetes saat bercinta. Tentu ASI bocor ini terjadi disaat yang tidak tepat. Buat beberapa ibu menyusui hal ini adalah momen yang cukup memalukan. Belum lagi, klimaks dalam berhubungan intim dapat membuat ibu menyusui mengalami let down reflex.

Nah, supaya mommy terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan seperti itu, MAKUKU punya tips nih. Berikut tips mempertahankan gairah seks tetap membara saat menyusui:

  • Mencari posisi yang nyaman saat berhubungan seksual
  • Mengurangi rangsangan di area payudara
  • Menggunakan pelumas agar vagina tidak kering

Berhubungan intim dalam pernikahan bukan hanya Sebata suntuk kenikmatan saja, tetapi juga dapat mempererat kedekatan dan menjaga keharmonisan antara suami dan istri. Jangan sampai menyusui menjadi hambatan dan mengganggu hubungan intim. Jadi, sebaiknya Mommy dan Daddy dapat berkomunikasi dan membicara segala hal demi kenyamanan bersama. (Aq/MKK)

BERHUBUNGANSEKSUAL

hubunganseksual

hubunganintim

menyusui

ibumenyusui

asieksklusif

BREASFEEDING

LAKTASI

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment