5 Langkah Perawatan Tali Pusar Bayi Baru Lahir

5 Langkah Perawatan Tali Pusar Bayi Baru Lahir

written by : MAKUKU - 21 Jul 2022

Viewed : 49 times  Read duration : Page Views : 1569 times

Tali pusar pada bayi baru lahir harus dirawat dengan cara yang benar. Perawatan pada bekas potongan tali pusar yang tepat dapat menghindari bayi dari iritasi dan infeksi yang membahayakan nyawa. Berikut ini MAKUKU akan membahas apa saja manfaat dan langkah perawatan tali pusar bayi baru lahir.

Tali pusar merupakan jaringan pengikat yang menghubungkan plasenta dan janin selama masa kehamilan. Tali pusar pada umumnya memiliki panjang kira-kira 50 cm. Tali pusar sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup bayi dan berpengaruh pada tumbuh kembang bayi di rahim. Karena berfungsi untuk menghantarkan nutrisi serta oksigen dari plasenta ke aliran darah. Serta memberikan antibodi pada bayi menjelang persalinan. Antibodi yang dihasilkan dapat melindungi bayi pada tiga bulan pertama kehidupannya.

Kapan tali pusat bayi lepas?

Tali pusar ini kemudian dipotong ketika bayi baru lahir dan tali pusar tidak dibutuhkan lagi. Tetapi terdapat sisa bagian tali pusar yang masih menempel sekitar 2-3 cm pada perut. Biasanya tali pusar akan lepas dan sembuh sepenuhnya sekitar 7-10 hari. Dan, di hari ke 5-15 tali pusar tersebut akan mengering dan puput dengan sendirinya. Meski sisa potongan tali pusar ini dapat lepas atau puput dengan sendirinya, namun sepanjang belum terlepas orang tua wajib merawatnya dengan baik.

Tali pusar yang belum puput biasanya masih dalam kondisi basah dan lembab. Sehingga menjadi area paling rentan memicu pertumbuhan kuman yang dapat menyebabkan infeksi. Ciri tali pusar yang terinfeksi adalah tali pusar bernanah, merah, bengkak, timbul bau tidak sedap, demam dan bayi rewel. Infeksi pada tali pusar tidak boleh diabaikan, karena harus diketahui bahwa tali pusar memiliki akses langsung ke aliran darah. Sehingga infeksi ringan dapat dengan cepat menjadi infeksi serius.      

Langkah Perawatan Tali pusar yang Tepat

Tali pusar sebelum puput dan sesudah lepas harus dirawat sampai benar-benar sembuh dan kering. Penting bagi orang tua untuk menjaga kebersihannya dan memastikan area tersebut selalu kering. Berikut ini langkah-langkah perawatan tali pusar yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah:

Menjaga kebersihan tali pusar

Membersihkan sisa tali pusar dan area kulit sekitarnya sehari sekali menggunakan kapas yang dicelupkan dengan air hangat. Hindari membersihkan sisa tali pusar dengan alkohol, sabun, cairan antiseptic, minyak, atau bedak karena justru akan memperlambat proses penyembuhannya. Mommy dan daddy bisa membersihkan area tali pusar hingga benar-benar sembuh dan mengering.

Mandi dengan cara di lap

Sebelum tali pusar terlepas, sebaiknya jangan terkena air terlebih dahulu. Untuk membersihkan tubuh bayi, mommy dan daddy bisa memandikan si kecil dengan cara mengelapnya. Gunakan lap kecil dan air hangat lalu mommy seka ke seluruh tubuh si kecil.

Jangan mencabut tali pusar bila belum lepas sendiri

Mommy harus sabar ya menunggu waktu tali pusar si kecil terlepas. Hindari mencabut tali pusar bayi karena tali pusar yang sudah kering dan sembuh akan terlepas dengan sendirinya. Mencabut tali pusar yang belum waktunya dapat menimbulkan pendarahan.

Menjaga tali pusat tetap kering

Usahakan agar tali pusar dalam kondisi terbuka dan jangan ditutup dengan kain kasa kering ataupun terkena karet pinggang popok. Karet pinggang popok biasanya menutupi tali pusar bayi. Padahal jika karet pinggang mengenai tali pusar dapat terkena air seni dan tinja bayi yang menyebabkan infeksi.

Mommy dan daddy tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, karena MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran NB memiliki desain berbentuk U Shape. Dimana karet pinggang di bagian tengah membentuk cekungan di bawah tali pusar. Sehingga karet pinggang tidak akan terkena tali pusar dan mengurangi gesekan dengan tali pusar bayi.

Keunggulan lainnya dari MAKUKU SAP Diapers Slim adalah menggunakan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer. Jadi, popok MAKUKU SAP Diapers Slim ini anti gumpal. Ketika popok menyerap urine, cairannya dapat terserap secara merata, tidak berkumpul di satu titik sehingga tidak memberatkan dan membebani si kecil.

Penghargaan Belly Button U-Shape Pertama di Indonesia

Fitur belly button u-shape yang terdapat di semua varian MAKUKU SAP Diapers ini mendapatkan penghargaan sebagai popok “Pertama di Indonesia dengan Fitur Belly Button U-shape Khusus Newborn” dari TRAS N CO dalam acara Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo (IMBEX 2023) pada tanggal 1-3 Desember 2023 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta.

Selain ukuran NB khusus untuk newborn, MAKUKU SAP Diapers Slim juga memiliki ukuran lain seperti S, M, L, XL dan XXL dengan tipe perekat (tape) dan celana (pants). MAKUKU SAP Diapers Slim ini bisa didapatkan di offline store Transmart, Diamond, Food Hall, Market City, Raja Susu, AEON dan 26 MAKUKU Family Store di seluruh Pulau Jawa. Serta Moms juga bisa melakukan pembelian secara online di Shopee, Lazada, dan Tokopedia MAKUKU Official Store. (Aq/MKK)

bayibarulahir

POPOKANTIGUMPAL

talipusar

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

MAKUKUAIRDIAPERSCOMFORT

ushapediapers

popokbayibarulahir

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Ciri Bayi Cerdas yang Bisa Dikenali Sejak Dini

Kenali Potensi Si Kecil! Temukan Ciri-ciri Bayi Cerdas Sejak Dini! Pelajari tanda-tanda kecerdasan pada bayi di berbagai aspek, seperti motorik, kognitif, dan sosial.

MAKUKU
2024-04-19 15:25:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 6 Bulan Super Praktis & Kaya Gizi

Penuhi Nutrisi Si Kecil dengan Menu MPASI 6 Bulan Terbaik! Temukan panduan lengkap dan beragam resep MPASI lezat dan bergizi untuk bayi usia 6 bulan.

MAKUKU
2024-04-19 11:20:58
0 Comment