Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

written by : Makuku Family - 31 Jul 2022

Viewed : 13 times  Read duration : Page Views : 67 times

Membuat anak bahagia adalah keinginan setiap orang tua. Masa kecil anak yang bahagia akan menjadi kenangan indah bagi seorang anak dan melekat sepanjang hidupnya. Bahkan penting menciptakan masa kecil yang bahagia karena kebahagiaan anak dapat menentukan karakter anak saat sudah dewasa. Lalu bagaimana tanda anak yang bahagia? Apa dampak jangka panjang jika anak tidak bahagia sejak kecil?

MAKUKU sebagai konsultan ibu dan anak bersama Mariska Johana Heryputri, M.Psi, Psikolog mengadakan talkshow bertajuk Happy Mom = Happy Kid di V-radio pada 28 Juli 2022. Mariska mengatakan anak yang bahagia adalah anak yang dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, bisa mengekspresikan diri, bebas bergerak, dan mampu mengetahui jati dirinya. 

Menurut Mariska kebahagiaan bukan dilihat dari mainan yang mereka miliki. Sumber kebahagian utama bagi anak yang terpenting adalah rasa aman dan nyaman baik secara psikologis dan kesehatan. Bahkan sebuah penelitian mengatakan anak yang bahagia lebih berpeluang besar memiliki kepuasan hidup yang tinggi saat dewasa. 

“Kalau anak bahagia mereka bisa menolong orang lain dan membangun sosial yang luas. Anak yang nyaman jua tingkat kepercayaan dirinya bagus,” ujar Mariska.

Sementara ciri anak yang kurang bahagia bisa dilihat dari sikap dan perilaku si kecil setiap harinya. Seperti si kecil lebih menyukai sendiri, lebih pasif , tidak mau bermain dengan teman, susah makan dan sensitif. Sedangkan dampak dari anak yang tidak bahagia adalah si kecil menarik diri dan tidak bisa membangun hubungan sosial yang sehat. 

“Jadi, tersenyum atau tertawa itu bukan patokan anak bahagia. Anak bahagia bisa mengekspresikan diri ke orang lain, tertarik main dan belajar dan tidak mengurung diri di kamar,” tambah Mariska.

Selain itu, kebahagian orang tua juga dapat menentukan kebahagiaan anak. Pernah mendengar anak adalah peniru yang baik? Anak yang bahagia juga bisa “meniru” kebahagian dari orang tua. Anak akan meniru cara orang tuanya terutama mommy yang banyak menghabiskan waktu bersama si kecil bagaimana cara tersenyum, tertawa dan bahagia. Jadi, anak yang bahagia berasal dari orang tua yang bahagia juga.

Upaya agar si kecil selalu bahagia yakni dengan menghabiskan waktu bersama, menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, mendukung perkembangan dan menunjang kebutuhan nutrisi dan lainnya. Kebutuhan si kecil pun harus dipenuhi dengan baik. Di kesempatan yang sama brand representative MAKUKU, Ina Setiawati, mengatakan memenuhi kebutuhan si kecil dengan memberikan yang terbaik dapat menunjang tumbuh kembang. Seperti memberikan popok yang berkualitas tinggi untuk menunjang kenyamanan.  Saat si kecil nyaman dan tidak rewel akan membuat mommy turut happy. 

Ina menuturkan popok yang berkualitas tinggi dan direkomendasikan oleh expert adalah MAKUKU Air Diapers Slim. MAKUKU Air Diapers Slim adalah pelopor popok dengan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer pertama di Indonesia. Dengan teknologi terbaru, MAKUKU Air Diapers Slim anti gumpal. Popok anti gumpal sangat dibutuhkan oleh bayi agar tidak membatasi geraknya, bayi tidak terbebani dengan popok yang berat karena cairan pada popok MAKUKU menyerap dan menyebar secara merata atau tidak terserap hanya di satu titik saja.

Selain itu, popok MAKUKU Air Diapers Slim ini sangat tipis hanya 1,6 mm. Meski tipis, MAKUKU Air Diapers Slim memiliki daya serap yang tinggi dan orang tua tidak perlu khawatir dengan kebocoran. Karena struktur inti SAP mampu menyerap cairan dengan baik sehingga permukaan popok menjadi lebih kering. Jadi, MAKUKU Air Diapers Slim adalah popok yang ideal untuk bayi baru lahir hingga balita.

MAKUKU Air Diapers Slim bisa didapatkan secara offline dan online. MAKUKU Air Diapers Slim sudah tersedia di MAKUKU Family store (sudah ada 26 store), Transmart, Diamond, Food Hall, Market City, Raja Susu, Hypermart, Hero, Grand Lucky, AEON dan MAKUKU Family Store. Serta di Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli, JD.id dan TikTok MAKUKU Official Store. (Aq/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERS

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

查看全部 >
专家
开启 SAP 时代,MAKUKU 推出新的尿布

父母为孩子提供最好的一种方法是选择合适的尿布。尿布的选择非常重要,因为尿布会对宝宝的发育和健康产生影响。选择错误的尿布造成的负面影响是尿布疹。为了解决这个问题,MAKUKU 通过重新推出具有超薄 SAP(超吸收性聚合物)的尿布进行了创新。

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
专家
神话或事实:在大龄怀孕期间发生性行为会引发分娩

社会上流传着许多关于怀孕的神话。其中之一是在怀孕后期发生性行为可以促进分娩。那么这是真的吗?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

查看全部 >
专家
父母很少意识到

尿布疹的 5 种原因 尿布疹是尿布覆盖的皮肤周围的红色状况。因为通常尿布覆盖的区域非常潮湿,特别是如果宝宝使用尿布 24 小时。有几种习惯或因素会导致尿布疹。但不幸的是,尿布疹的原因是最常见但很少被父母意识到的。来吧,爸爸妈妈知道什么是尿布疹的五个主要原因,让你的孩子避免尿布疹。

Makuku Family
2022-09-27 17:17:39
7 comments
专家
研究:15% 的女性在怀孕期间经历过压力

对于经历过怀孕的妈妈来说,您是否经历过压力或抑郁?显然,这也发生在世界上 15% 的其他女性身上。

Makuku Family
2022-09-22 11:32:14
7 comments