Rekomendasi Bahan Popok Untuk Cegah Ruam Popok

Rekomendasi Bahan Popok Untuk Cegah Ruam Popok

written by : MAKUKU - 12 Nov 2021

Viewed : 27 times  Read duration : Page Views : 304 times

Melihat perkembangan si kecil yang tumbuh pesat merupakan kebahagian bagi para orang tua. Hal inilah yang mendorong para orang tua akan berusaha selalu memenuhi kebutuhan anak-anaknya. Terutama pada kenyamanan si kecil dalam menggunakan popok. Tentu pemilihan popok dengan bahan aman dan nyaman menjadi pertimbangan. MAKUKU Family sebagai konsultan ibu dan anak akan selalu membantu para orang tua dalam merawat si kecil.

Para orang tua tidak boleh sembarang dalam memilih popok si kecil. Meski terlihat sepele, namun dampaknya sangat memengaruhi Kesehatan si kecil jika salah memilih. Mengingat, kulit si kecil yang masih rentan dan sensitif tidak seperti orang dewasa. Bahan popok yang mengandung bahan berbahaya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah ruam kulit akibat popok.

Menurut dr. Scorpicanrus Andreas Tumpal Andreas, M.Ked, Sp., dokter spesialis anak, ruam popok adalah kondisi kemerahan pada kulit bayi di daerah sekitar pemakaian popok. Hal ini disebabkan adanya suasana lembab di sekitar pemakaian popok sehingga muncul infeksi akibat jamur. “Ruam popok juga dapat disebabkan oleh kemampuan, fungsi dan anatomi kulit bayi karena fungsi kulitnya belum sebaik orang dewasa sehingga bahan-bahan popok yang basah atau lembab dapat memicu infeksi jauh lebih cepat dari orang dewasa,” ujar dr. Andreas.

Selain itu, penting diketahui oleh para orang tua bahwa ada faktor lain yang dapat meningkatkan risiko ruam popok. Pertama, bayi memiliki riwayat alergi atau dermatitis atopik. “Pemakaian popok yang kurang tepat seperti ukurannya, bahannya yang tidak baik dan daya serapnya tidak maksimal serta tidak mengganti popok dalam waktu 3-4 jam,” jelas dr. Andreas.

Selain ruam, ini bahaya salah pilih popok

Bukan hanya ruam kulit, salah pilih popok juga dapat memicu infeksi bakteri yang menyebabkan demam. Parahnya lagi, ruam popok yang tidak segera ditangani dapat menjadi nanah. “Saat terjadi ruam popok, bakterinya nanti akan menempel dan memicu adanya infeksi bakteri. Efeknya nanti akan ke seluruh tubuh, misalnya anaknya demam atau nanti ruamnya ada nanahnya. Jika hal itu terjadi, maka penanganannya juga akan berbeda,” jelas dr. Andreas.

dr. Andreas menambahkan, ruam popok berbahaya jika tidak segera ditangani karena terjadi pada daerah alat vital anak. Ruam popok lama kelamaan akan menimbulkan nyeri sehingga membuat bayi tidak nyaman dan memengaruhi kurangnya waktu tidur dan kualitas menyusui bayi. Saat kualitas menyusui berkurang, pertumbuhan bayi akan terhambat.

“Si kecil harus dibawa ke dokter jika terjadi gangguan missal anak yang mulai rewel, ditemukan infeksi, ruam hebat sampai menimbulkan luka-luka. Biasanya anak akan diberikan obat atau cream yang berbeda dari baby cream pada umumnya,” kata dr. Andreas.

Standar pemilihan popok yang tepat untuk bayi sesuai usia

Melihat risiko dan dampaknya terhadap kulit bayi, dr. Andreas memiliki tips bagaimana cara memilih popok yang baik sesuai dengan usianya. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan ukuran, berat badan dan mengenali jenis popok.

Terdapat dua jenis popok untuk bayi. popok dengan model perekat pada umumnya digunakan untuk bayi baru lahir atau newborn. Saat bayi mulai merangkak dr Andreas menyarankan untuk menggunakan popok jenis celana.

“Setiap kemasan popok seharusnya tertera ukuran dan penggunaan popok untuk usia  berapa. Tetapi, lihat postur anak meski beratnya sama karena ada yang lebih pendek atau tinggi. Jadi ukuran harus diperhatikan. Jika kita lihat popok sudah terlalu ketat sama kulit, itu saatnya diganti,” kata dr. Andreas.

Produk baru MAKUKU

Popok MAKUKU merupakan popok generasi terbaru dengan kandungan SAP (super absorbent polymer), struktur yang stabil, penyerapan kecepatan tinggi dan menyerap secara merata. Struktur yang stabil membuat popok MAKUKU tidak mudah menggumpal dan jatuh serta membuat bayi tidak merasa berat saat bergerak. Penyerapan kecepatan tinggi dan merata membuat air yang masuk ke popok akan dengan cepat diserap secara merata sehingga dapat melindungi pantat bayi dengan lebih baik dan mengurangi risiko ruam merah.

Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang produk Makuku dan seputar parenting, jangan lupa follow Instagram @makuku.indonesia.family dan nantikan terus promo-promo menariknya di Marketplace kesayangan Anda di Shopee, Lazada, TikTok, BliBli, Tokopedia, JD.ID, Orami dan TikTok Shop. Makuku Family sebagai konsultan ibu dan anak, siap mendukung pertumbuhan anak Indonesia. (Aq/Mkk)

ruampopok

popokbayi

MAKUKUAIRDIAPERS

ruam

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment