Cara Memilih Popok Air Diapers Yang Bagus Dan Aman Untuk Bayi

written by : MAKUKU - 11 Jan 2022

Viewed : 81 times  Read duration : Page Views : 797 times

Kelahiran si buah hati memang selalu dinantikan dan menjadi momentum yang amat menggembirakan. Bagi para orang tua, pastinya tengah menghadapi kebingungan dalam memilih perlengkapan bayi yang cocok dan aman untuk si kecil. Mulai dari memilih pakaian bayi yang bagus dan nyaman, memilih susu formula yang cocok, membeli perlengkapan bayi lain, hingga mencari popok untuk si kecil. Banyaknya pilihan produk perlengkapan bayi yang dijual di pasaran yang menjanjikan berbagai keunggulan membuat orang tua harus lebih pintar dalam memilih perlengkapan bayi terbaik. Selain memilih produk dengan kualitas terbaik, tentu Anda juga perlu memastikan apakah produk tersebut cocok dan nyaman bagi si kecil atau tidak.

Dalam hal memilih popok bayi, sebagai orang tua Anda juga perlu teliti dan memilih popok yang tepat. Sebagai perlengkapan bayi yang wajib dimiliki, popok bayi akan digunakan setiap hari selama beberapa minggu awal setelah kelahiran. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan kualitas dan aspek kesehatan dari penggunaan popok bayi. Saat ini, ada banyak sekali pilihan popok bayi yang mempunyai kualitas yang bagus dan menawarkan kelebihan masing-masing. Meskipun memiliki kualitas yang bagus, biasanya para orang tua merasa cemas dan bingung apakah popok tersebut cocok dan aman untuk si kecil atau tidak. 

Masalah yang sering muncul dari penggunaan popok bayi yang salah adalah muncul ruam atau iritasi kulit. Hal tersebut bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman. Jenis popok yang paling sering digunakan untuk bayi dan banyak dijual di pasaran adalah popok air diapers sekali pakai. Popok sekali pakai ini umumnya memiliki daya serap yang baik dan anti bocor. Namun, Anda perlu selektif dalam memilih popok bayi. Menjawab keraguan tersebut, berikut beberapa cara memilih popok yang bagus dan aman untuk bayi.

Kenali Bahan Dasar Pembuat Popok Bayi

Ketika membeli baju baru, hal dasar yang perlu Anda perhatikan adalah bahan baju tersebut. Begitupun dengan popok bayi, bahan popok menjadi hal dasar yang penting dan perlu Anda kenali sebelum membeli popok. Popok bayi memiliki fungsi utama untuk menyerap urin dan kotoran dengan maksimal. Oleh karenanya, popok bayi memiliki beberapa lapis bahan yang bisa menyerap cairan. 

Popok bayi umumnya terdiri atas lapisan dalam, lapisan luar, dan lapisan penyerap. Lapisan dalam adalah lapisan popok yang akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bahan pembuat lapisan dalam tersebut agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Lapisan berikutnya adalah lapisan penyerap cairan. Lapisan ini biasanya terbuat dari material polimer yang mempunyai daya serap tinggi. Material tersebut aman digunakan oleh bayi. Lapisan berikutnya adalah lapisan luar tahan air. Lapisan luar ini biasanya terbuat dari plastik petroleum atau polylactic acid.

Ketahui Kandungan Bahan Kimia Popok

Setelah mengetahui material pembuat popok bayi, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bahan kimia yang terkandung dalam popok bayi. Umumnya, popok diapers sekali pakai mengandung bahan hidrogel yang berfungsi untuk menyerap dan menahan cairan. Material hidrogel yang sering digunakan adalah sodium polyacrylate yang berfungsi menyerap cairan dan menjaga kelembaban kulit bayi sehingga bisa mencegah ruam popok. Idealnya, popok diapers yang bagus adalah popok bayi yang memiliki kemampuan penyerapan yang cepat dan daya tampung maksimal. 

Pewangi Popok

Selain kandungan bahan kimia penyerap cairan, beberapa popok bayi biasanya memiliki wangi-wangian atau parfum khusus. Parfum yang digunakan untuk popok bayi ini tentunya mengandung bahan kimia dan akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Meskipun jarang terjadi, namun bahan kimia dalam parfum tersebut bisa saja bereaksi pada kulit bayi yang sensitif. Anda perlu memperhatikan respon si kecil terhadap popok yang digunakan, jika menunjukan respon yang tidak nyaman dalam waktu lama segeralah ganti jenis popok yang digunakan.

Pilih Ukuran Popok Yang Sesuai

Cara berikutnya dalam memilih popok air diapers yang bagus dan aman untuk si kecil adalah Anda perlu memilih ukuran popok yang tepat. Popok bayi berfungsi untuk menyerap urine dan kotoran, sehingga Anda perlu memilih ukuran popok yang pas agar bisa memaksimalkan fungsi dari popok tersebut. Pastikan ukuran popok bayi Anda tidak kebesaran dan tidak kekecilan. Penggunaan ukuran popok yang tepat juga bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman dan leluasa dalam bergerak. Selain itu, dalam membeli popok bayi sebaiknya Anda tidak membeli terlalu banyak popok dalam satu ukuran yang sama. Si kecil tentunya akan terus tumbuh dan berkembang, sehingga ukuran popok bayi Anda mungkin saja akan bertambah.

Pilih Merk Popok Yang Bagus

Cara terakhir dalam memilih popok yang bagus dan aman untuk bayi tentunya dengan memerhatikan merk popok tersebut. Saat ini, ada banyak sekali pilihan merk popok bayi yang dijual di pasaran. Hal tersebut tentunya cukup membuat Anda merasa bingung memilih merk popok yang terbaik. Menjawab kebingungan tersebut, Anda bisa memilih merk popok bayi Makuku sebagai pilihan. 

Popok bayi yang satu ini mempunyai banyak keunggulan dan bisa memberikan kenyamanan saat digunakan oleh si kecil. Makuku Air Diapers mempunyai banyak kelebihan, yaitu memiliki stabilitas yang baik sehingga anti gumpal, super tipis dengan daya tampung maksimal, memiliki struktur 3D, sirkulasi udara yang baik, tidak ada osmosis baik, dan cepat menyerap cairan. Sebagai barang penting yang akan digunakan oleh bayi dalam waktu yang lama, tentunya Anda harus memastikan telah memilih merk popok bayi yang tepat.

Itulah beberapa cara memilih popok air diapers yang bagus dan aman untuk bayi. Anda perlu mengenali material popok, kandungan bahan kimia, parfum atau pewangi popok, dan ukuran popok yang sesuai. Selain itu, Anda juga perlu mengganti popok secara berkala meskipun si kecil tidak pup. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah munculnya ruam popok. Anda bisa memilih popok bayi Makuku Air Diapers. Popok bayi yang satu ini menggunakan bahan yang anti menggumpal, super tipis, mempunyai daya serap maksimal, memiliki struktur 3D, dan sirkulasi udara yang baik. Makuku Air Diapers sangat cocok digunakan oleh bayi karena bisa memberikan kenyamanan dan fungsi yang maksimal untuk si kecil.

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Ciri Bayi Cerdas yang Bisa Dikenali Sejak Dini

Kenali Potensi Si Kecil! Temukan Ciri-ciri Bayi Cerdas Sejak Dini! Pelajari tanda-tanda kecerdasan pada bayi di berbagai aspek, seperti motorik, kognitif, dan sosial.

MAKUKU
2024-04-19 15:25:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 6 Bulan Super Praktis & Kaya Gizi

Penuhi Nutrisi Si Kecil dengan Menu MPASI 6 Bulan Terbaik! Temukan panduan lengkap dan beragam resep MPASI lezat dan bergizi untuk bayi usia 6 bulan.

MAKUKU
2024-04-19 11:20:58
0 Comment